Cara Membuat Kandang Sapi Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat Kandang Sapi Yang Baik Dan Benar


Hai sobat ternak, Kali ini tim redaksi akan melengkapinya dengan mengangkat tema mengenai kiat pembuatan kandang sapi yang baik sehingga pemahaman mengenai bisnis dan usaha sapi akan semakin jelas. Artikel mengenai kandang sapi akan kami buat beberapa seri agar lebih mudah dicerna. Secara keseluruhan, kandang memegang peranan utama dalam usaha sapi, bisa dibilang kandang tempat bernaung adalah kunci kesuksesan beternak maupun penggemukan sapi. Baik tidaknya kandang bukan dinilai dari konstruksi yang mewah dan mahalnya bahan dalam pembuatannya, tetapi terpenuhinya berbagai faktor baik konstruksi, kesehatan dan faktor ekonomis-lah, yang membuat sebuah kandang dikatakan baik.
kandang sapi baik sederhana | usahaternak
Kandang Yang Baik Sarana dan Prasarana-nya Lengkap

Fungsi Kandang Bagi Ternak

Kita mulai dari pemahaman tentang fungsi kandang sebenarnya supaya kita betul - betul mengetahui pentingnya kandang yang baik bagi sapi. Umumnya, kandang dibuat agar ternak yang kita pelihara terhindar dari panas matahari yang menyengat, hujan secara langsung, cuaca ekstrim maupun hal lain yang rawan membuat ternak terkena penyakit. Kandang juga merupakan rumah bagi ternak yang dapat mencegah ternak kita dari orang yang tidak bertanggung jawab, dari gangguan binatang malam dan binatang buas.

Baca Juga:




Selain itu dengan adanya kandang maka kontrol pada ternak bisa lebih bagus dan teratur. Pemberian pakan pada ternak sapi akan lebih mudah, ternak juga tidak membuang kotoran sembarangan dan bisa kita manfaatkan kotorannya tersebut untuk dijual sebagai pupuk. Termasuk kita bisa memantau pola tingkah laku hewan yang sedang sakit dengan lebih aman dan spesifik di dalam kandang. Itulah mengapa, menurut prinsip kandang sapi modern, harus kita buat senyaman mungkin sehingga hewan yang ada di dalam tidak merasa stress yang berujung pada sakit dan kematian.

Segala aspek harus diperhitungkan secara matang, baik aspek suhu lingkungan, teknis perancangan maupun aspek ekonomis bagi para pelaku usaha. Karena kandang merupakan investasi jangka panjang bagi pelaku usaha, maka hendaknya dengan biaya yang tidak terlalu mahal kandang dapat bertahan lama. Kandang sapi sederhana lebih baik daripada kandang yang mewah namun boros biaya dan mubadzir.


Syarat Kandang Sapi Yang Baik

Tujuan dibuatnya kandang adalah sebagai efisiensi dalam pengelolaan ternak yang artinya kandang akan memudahkan segala upaya pemeliharaan ternak. Oleh karena itu dalam membuat kandang kita perlu memperhatikan ketersediaan beberapa hal dibawah ini. Apakah ada atau tidak di lokasi kandang yang akan kita buat karena akan berhubungan erat dengan teknis dan berjalannya fungsi kandang sebagai pendorong sukses dalam usaha ternak.
  1. Ketersediaan air dan pakan sehari - hari, susah didapat atau tidak
  2. Sumber air untuk membersihkan kandang dan memandikan ternak
  3. Jauh dari pemukiman penduduk / tidak mengganggu kesehatan sekitar 
  4. Akses menuju kandang menyulitkan atau tidak
  5. Posisi kandang berada didataran yang lebih tinggi untuk mencegah genangan air berlebih
  6. Lahan sebaiknya luas jika suatu saat kandang diperbesar
  7. Ketersediaan bahan dan peralatan pembuatan kandang
  8. Penyaluran limbah maupun kotoran mudah 

Perancangan Kandang Sapi Tepat Guna

Oke, sebelum memasuki fase perancangan kandang sapi secara teknis, kita perkirakan bentuknya dengan pola pemeliharaan yang akan kita pakai. Apakah itu merupakan kandang yang fungsi nya sebagai tempat perkawinan, atau kandang penggemukan, kandang jantan dan betina, atau kandang pembesaran anakan. Setelah menentukan fungsi/kegunaan kandang nantinya, kita bisa mulai memikirkan poin - poin penting yang paling mendasar mengenai konstruksi kandang. Hal - hal yang harus ada di dalam kandang. Yaitu :

  • Atap Kandang : Umumnya orang - orang memilih asbes, rumbia, seng dan genteng sebagai bahan penutup kandang mereka. Apapun itu sesuaikan dengan keadaan iklim di lingkungan kita, karena yang terpenting adalah sirkulasi udara harus lancar / ada ventilasi. Pada daerah panas usahakan hindari seng sebagai atap kandang jika tidak ada cover/pelapis nya. Ketinggian atap untuk tempat yang iklim nya panas juga harus lebih tinggi, Paling tidak 4,5 meter agar hewan tetap dalam kondisi nyaman saat siang hari. Kemiringan atap dapat kita atur sendiri sesuai dengan karakteristik bahan - bahan tersebut.
    atap kandang sapi | usahaternak
  • Lantai Kandang : Bisa dibuat dari beton, kayu atau tanah asal tidak licin. Biasanya masyarakat pedesaan memadatkan tanah dengan ditutupi campuran jerami dan rumput-rumputan kering agar lantai bisa menyerap urine dengan baik. Yang terpenting adalah kemiringan lantai agar urine sapi yang keluar dapat segera diserap maupun mengalir ke selokan. Jangan terlalu miring, maksimal 5 derajat sudah cukup. Agar sapi tidak terpeleset.
    bentuk lantai kandang | usahaternak
  • Dinding Kandang : Dapat dibuat dari bahan kayu, beton maupun bambu. Umumnya tempat dengan suhu dingin menggunakan dinding beton yang tinggi nya minimal sama dengan sapi. Karena suhu yang terlalu dingin juga tidak baik. Untuk tempat yang bersuhu panas, orang - orang hanya menggunakan bambu maupun kayu yang dirangkai asal sapi tidak sampai keluar kandang. 

  • Lorong : Tujuan dibentuknya lorong dalam sistem perkandangan adalah efisiensi dan kemudahan dalam pemberian pakan sapi maupun pembersihan kandang. Letak lorong usahakan agak lebar ditengah tengah kandang jika anda menggunakan sistem kandang dua baris. Baik itu kandang head-to-head maupun tail-to-tail. Dengan adanya lorong setiap sapi yang ada di dalam kandang dapat kita jangkau dari dekat.
    lorong kandang sapi | usahaternak
  • Palungan Makan dan Minum : Adalah tempat menaruh makanan dan minuman bagi sapi. Biasanya terbuat dari tembok maupun batu yang dibentuk persegi panjang. Besar wadah minum lebih kecil daripada wadah makan. Untuk ukurannya menyesuaikan dengan bentuk kandang sapi tersebut. Tinggi palung harus proporsional dengan tinggi sapi di dalam kandang. Jangan terlalu tinggi jangan terlalu rendah.
    palung tempat minum sapi | usahaternak
  • Selokan : Merupakan jalan pembuangan kotoran baik feses, urin maupun sisa2 pakan yang berserakan di dalam kandang. Letaknya biasanya di belakang kandang. Ada yang menghubungkannya langsung ke sungai ada yang ditampung lebih dulu untuk diolah kembali menjadi pupuk. Setting pemberian selokan juga menyesuaikan tipe kandang yang dibuat. Tidak usah terlalu besar, ukuran 40cm sudah cukup lebar untuk saluran pembuangan.

  • Penampungan Limbah Feses dan Urine : Ini merupakan alternatif pengolahan limbah dari sapi yang layak dipertimbangkan. Usahakan penampungan tidak jauh - jauh dari lokasi kandang. Bisa di belakang kandang atau di samping kandang. Dan penampungan bisa kita bagi dua, penampungan feses maupun penampungan urine. Urine sapi bisa dimanfaatkan dengan menambahkan instalasi biogas digester di dekat saluran kandang, dan untuk feses ditampung pada satu tempat untuk dikeringkan dan diubah menjadi pupuk. Namun bila anda ingin membuang sisa kotoran dan urine langsung, maka usahakan anda membuat galian atau saluran keluar langsung menuju ke sungai yang cukup besar.
    kandang sapi bersih | usahaternak
    Cegah Penyakit Dengan Kandang Selalu Bersih
Demikian tadi tips dari kami tentang kiat membuat kandang sapi yang baik. Intinya, kandang yang baik adalah kandang yang bersih dan nyaman untuk ditempati. Semua kiat hanya tuntunan sebagai langkah persiapan saja dan tidak bersifat baku, kita semua bebas untuk berinovasi. Apalagi dengan kemajuan zaman dan teknologi dalam pemeliharaan sapi yang sudah sangat berkembang, kita bisa mempelajari dan menerapkannya pada pola pemeliharaan kita. Apa saja yang dapat meningkatkan produktivitas dan keuntungan kita dalam usaha layak untuk kita coba.

Jangan terpaku menyelesaikan semuanya sendiri, ajaklah rekan kerja, rekan bisnis dan kelompok - kelompok yang ada disana, maka usaha yang kita lakukan akan menjadi lebih ringan dan mudah. Untuk postingan selanjutnya akan kami bahas lebih mendetail tentang perancangan kandang dan segala jenisnya.

Demikian ulasan Cara Membuat Kandang Sapi Yang Baik Dan Benar semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Kandang Sapi Yang Baik Dan Benar"

Post a Comment